Pages

Rabu, 16 November 2011

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial


 Pengertian

Ilmu Sosial Dasar  adalah adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah- masalah social yang muncul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Ilmu sosial dasar merupakan gabungan dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang di pergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial yang timbul di masyarakat.


Tujuan
Ilmu sosial dasar mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.

b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.       Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.


3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

  • Ilmu pengetahuan alam
Menjalani hidup didunia ini kita tidak sendiri sebagai mahkluk hidup, dikarenakan kita juga perlu adanya keterkaitan hubungan yang saling menguntungkan, menguntungkan hanya satu pihak, dan sama-sama merugikan semua itu dilakukan begitu saja tanpa mengenal perubahan jaman itu semua dilakukan demi kelangsungan hidupnya.
Kehidupan kita didunia ini sangat membutuhkan suatu nilai dari alam yang mempunyai arti lebih, bila alam pun sudah tidak berkenan menerima keadaan kita maka kita semua semua itu memang sudah digaris besarkan bila alam yang menjadi nilai unsur kehidupan kita maka, bisa disebut Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan kita yang semuanya itu membutuhkan suatu perhitungan yang sangat dalam dan juga berdasarkan metode-metode ilmiah.
Didalam kehidupan ilmu pengetahuan alam sangat penting dikarenakan banyak sekali manfaat yang bisa diambil untuk memudahkan kita sebagai kelangsungan hidup kita, ilmu pengatahuan alam pun dibagi menjadi beberapa pecahan yaitu: Biologi yang mempelajari tentang nilai kehidupan mahkluk hidup seperti manusia,hewan, dan juga tumbuhan tidak hanya itu biologi banyak mempelajari organ-organ dalam mahkluk hidup demi mengetahui seberapa besar perbedaan organ dalam setiap mahkluk hidup yang mempunyai banyak manfaat dan juga tujuan seperti bisa mengatahui apa bila mahkluk hidup ada yang menderita penyakit didalam organ dalam tubuhnya
Kimia adalah ilmu yang mempelajari jenis-jenis dari alam yang seperti bahan-bahan yang kita gunakan didalam kehidupan kita sehari-hari kimia mempelajari hasil dari alam seperi emas, minyak bumi, garam, assam, batu bara,dan masih banyak lagi semua itu dipelajari dengan banyak perhitungan dan juga mengetahui hasil alam lainnya dengan itu bisa menemukan bahan kimia baru, maka akan berguna bagi manusia
Fisika ilmu yang memepelajari suatu skala perbandingan yang mempunyai banyak cara dan juga langkah-langkah metode dalam perhitungannya didalam proses perhitungannya fisika banyak menggunakan satuan dan juga massa jenis yang sangatlah membantu kehidupan kita, fisika pun bisa dibilang sulit dan juga mudah semua itu hanya tergantung dari faktor manusianya yang mau mempelajarinya atau tidak dalam kehidupan kita fisika mempunyai keuntungan contohnya : dalam membuat suatu gedung dengan tingkat kemiringan atau kerataan tanah kita sangat lah susah akan tetapi kalau kita mempelajari fisika semua itu bisa diatasi.

  • Ilmu pengetahuan sosial
Berinteraksi sesama manusia dan juga masyarakat tentu saja sangatlah menyenangkan apa bila semua itu memberikan manfaat dan juga hal positif, ikut didalam keorganisasian sebagian orang bisa berkata itu mudah semudah membalik tangan akan tetapi apa bila kita belum pernah mempelajari ilmu tentang bagaimana menghadapi orang lain, ikut dalam keorganisasian, interaksi sesama manusia dengan  tidak adanya semua itu kita akan merasa diri kita kurang atau bisa disebut dengan kurangya percaya diri
Dari kesimpulan diatas bisa diartikan sebagai kalau ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang mempunyai rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi dan berikut penjelasannya

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dari masa lampau. Dari ilmu ini kita bisa mengetahui tentang bagaimana cara kehidupan masa lalu berlangsung dari cara kehidupannya dimulai dari alat-alat mereka yang digunakan untuk melakukan kegiatannya dan mengetahui cara pola pikir yang berkembang.

Geografi ilmu yang mempelajari tentang letak suatu daerah dan astronominya. Ilmu ini sangat berguna untuk menegatahui letak-letak daerah selain itu mempelajari tentang gejala-gejala alam apa bila akan terjadi suatu musim bisa diperhitungkan dengan cara letak astronomis suatu daerahnya.

Ekonomi adalah sebuah ilmu yang menggunakan kode perhitungan dalam menjalankan sebuah perencanaan dan juga kegiatan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar, didalam ekonomi juga banyak tentang memanajemen keuangan dalam memenuhi apa yang kita inginkan agar semuanya bisa terwujud.

  • Ilmu kebudayaan
Di dunia ini banyak sekali Negara dan juga rakyatnya dengan berbagai macam suku dan budaya disetiap suku atau etnic mempunyai perbedaan dan juga cirri khas yang bisa kita membedakannya dari mulai pakaiannya, tutur bahasanya, dan juga norma-norma kehidupannya sehingga dari situ lah kita bisa menyimpulkan bahwa ilmu kebudayaan adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu norma asas di setiap wilayah diberbagai Negara, tidak semua kebudayaan itu sama dan juga tidak lain pula dinegara satu mudah menerima kedatangan buadaya yang berasal dari Negara lain contoh: di bagian Negara barat boleh memakai pakaian yang terbuka akan tetapi di negara Indonesia yang mayoritas negaranya mempunyai kepercayaan muslim sangat sulit menerima keadaan seperti itu.


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
 Pengertian
Menurut beberapa para ahli di Indonesia mengemukakan Ilmu Pengtahuan Sosial adalah sebagai berikut :
·         Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.

·         Nu’man Soemantri menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan
SLTA. Penyederhanaan mengandung arti:
a) menurunkan tingkat
kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi
pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah
dasar dan lanjutan,
b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka
cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi
pelajaran yang mudah dicerna.
·          S. Nasution mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi
atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS
merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran
manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah,
ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
·         Tim IKIP Surabaya mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi
yang menghormati, mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yang
berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benarbenar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolahsekolah.

Dengan demikian, IPS bukan ilmu sosial dan pembelajaran IPS yang
dilaksanakan baik pada pendidikan dasar maupun pada pendidikan tinggi tidak menekankan pada aspek teoritis keilmuannya, tetapi aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala, dan masalah sosial masyarakat, yang bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan masingmasing.




Tujuan
1.      mengajarkan konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan  kewarganegaraan, pedagogis, dan psikologis.
2.      mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial
3.      membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.      meningkatkan kemampuan bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara nasional maupun global.
·         pedagogis adalah ilmu menjadi seorang guru yang merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya mengajar.

Perbedaan dan Persamaan Antara ISD dan IPS
Perbedaan :
1.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) di pelajari pada saat  di Perguruaan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di pelajari pada saat di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah
2.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah sebuah materi mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar (IPS) merupakan kelompok dari sejumlah materi  mata pelajaran.
3.       Ilmu Sosial Dasar (ISD) di siapkan untuk pembangunan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social (IPS)  di arahkan untuk  pembangunan pengetahuan dan keterampilan intelektual.



Persamaan :

1.      ISD dan IPS adalah  bahan studi untuk kepentingan pendidikan.
Yang merupakan mata pelajaran yang harus di berikan dalam dunia pendidikan itu sendiri.
2.      ISD dan IPS adalah sebuah ilmu disiplin yang tidak dapat berdiri sendiri.
Yang merupakan ilmu yang saling berikatan dan berhubungan dengan ilmu soial lainnya.
3.      ISD dan IPS memiliki materi yang terdiri dari bagian kenyataan sosial dan masalah sosial.
Yang merupakan materi/isi dari ilmu tersebut adalah berdasarkan contoh masalah yang nyata dalam kehidupan bermasyarakat.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
  1. Adanya aspek-aspek yang merupakan masalah sosial yang dapat di tanggapi dengan pendekatan sendiri.
  2. Adanya keragaman golongan dan kesatuan social lain dalam masyarakat.
Berdasarkan ruang lingkup di atas kiranya masih perlu penjabaran lebih lanjut untuk pokok bahasan yaitu :
  1. Mempelajari berbagai masalah kependudukan dan hubungannya dengan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Mempelajari adanya masalah-masalah individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Mempelajari hubungan antar warga Negara dan Negara.
  4. Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan pedesaan.
  5. Mempelajari ilmu penngetahuan dan teknologi untuk kemakmuran masyarakat dan pengurangan kemiskinan.



Kesimpulan : ISD dan IPS adalah suatu ilmu yang saling berhubungan satu sama lain yang mempunyai ruang lingkup dan tujuan yang berbeda namun dalam masih satu objek yang sama yaitu mempelajari dan memahamii akan adanya masalah-masalah yang terjadi dalam lingkungan masyarakat.


Sumber :