Pages

Minggu, 30 Maret 2014

Patuhi Rambu Lalu Lintas

               Rambu lalu lintas sangat penting bagi pengguna jalan raya. Rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan.
               Sekarang ini jika kita berada di jalan sering melihat kejadian kecelakaan lalu lintas yang membuat miris kita sebagai pengguna jalan. Disinilah pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas ketika berada di jalan raya agar semua pengguna jalan merasa aman dan nyaman. Namun hal ini sepertinya menjadi hal yang sulit dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Kebiasaan terburu-buru dan ingin cepat sampai di tujuan sering menjadi penyebab terjadinya pelanggaran lalu lintas.
               Pengalaman saya ketika berada di jalan raya cukup mengelus dada karena akan mengakibatkan kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain, mulai dari menerobos lampu lalu lintas yang sedang merah hingga kecelakaan. Pada waktu itu saya sedang menuju kampus, arah balik saya terjadi kecelakaan dimana seorang wanita terjatuh dari sepeda motornya dan tertiban motornya sendiri. Tidak hanya itu, ketika saya pulang ke kampung halaman saya di Tasikmalaya, disepanjang jalan banyak kecelakaan yang tidak diingankan. Truk terbalik, bus masuk jurang, kecelakaan beruntun, sepada motor terpental karena tertabrak truk.
               Dari banyak kejadiaan diatas, dapat disimpulkan bahwa pentingnya mentaati peraturan lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan. Diperlukan kesadaran yang besar pula untuk tidak melanggar peraturan yang sudah ada. Jika sudah terjadi kecelakaan banyak yang dirugikan. Kesabaran juga berperan penting,jangan terburu-buru karena alih-alih ingin tepat waktu , nyawa anda akan melayang. (Brogodot)